Selamat Datang di Blog Rumah Dhuafa

Jumat, 20 Juli 2012

Berbagi Buka Puasa dengan Para Dhuafa

Datangnya bulan Ramadhan merupakan penghibur bagi orang-orang beriman. Bagaimana tidak, pada bulan itu dilipatgandakan segala amal kebaikan dan ampunan Allah pun bertebaran. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan untuk berbagi kepada sesama, bulan yang Rasulullah saw. sendiri memberi contoh langsung dengan banyak bersedekah dengan kadar yang lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya.
Hal itu sebagaimana dikisahkan oleh Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma. Beliau menceritakan bahwa, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

Karenanya, beliau pun menganjurkan kepada umatnya untuk bersedekah di bulan Ramadhan dan memberi ifthor (buka) kepada orang-orang yang berpuasa. Rasulullah saw. bersabda:
“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala puasa orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan shahih”)
Rasulullah saw. memberi anjuran untuk bersedekah dengan memberi buka orang berpuasa, disamping untuk meraih pahala puasa orang yang diberi buka dengan tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun, tapi juga untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Karena orang yang berpuasa itu memiliki dua kebahagiaan, bahagia tatkala berbuka dan bahagia tatkala berjumpa dengan Rabb-nya.
“Orang yang berpuasa itu akan mendapat dua kegembiraan. Yang pertama gembira ketika berbuka, dan yang kedua gembira ketika berjumpa dengan Tuhannya di kemudian hari nanti.” (Bukhari dan Muslim).
Sungguh, kebahagiaan itu tidak saja ingin dirasakan oleh orang-orang kaya secara finansial, tapi orang-orang dhuafa pun ingin merasakannya. Karenanya, Rumah Dhuafa Indonesia mengajak kepada para dermawan untuk berbagi kebahagiaan dengan para dhuafa. Berbagi dengan cara memberi ifthor (buka) kepada para dhuafa yang juga ingin merasakan kebahagiaan di saat berbuka.
Rumah Dhuafa Indonesia menyalurkan sedekah para dermawan yang ingin berbagi kebahagiaan dengan memberi buka puasa kepada para dhuafa. Cukup dengan Rp. 25.000,00,- maka Anda telah memberi buka puasa kepada satu dhuafa. Biaya tersebut termasuk untuk ta’jil dan makan malam.
Mari jadikan Ramadhan Anda lebih indah dengan berbagi, karena semakin Anda banyak berbagi dengan para dhuafa dan yatim, semakin banyak pula pahala dan keberkahan yang akan anda raih.
Rasulullah saw. bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. (HR. Bukhari dan Muslim).
Bagi Anda yang ingin berbagi dengan memberi buka puasa para dhuafa, berikut kami sertakan proposal buka puasa bersama para dhuafa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar